Affandi Koesoema Pelukis Asal Cirebon Yang Mendunia

Affandi Koesoema Pelukis Asal Cirebon Yang Mendunia

343
Affandi Koesoema

Kreasitekno.com – Tidak banyak yang mendengar pastinya dengan sosok yang satu ini, padahal Affandi Koesoema adalah salah satu tokoh yang mendapat gelar kehormatan sebagai maestro seni lukis Indonesia yang karyanya dikenal hingga mendunia. Bahkan dikutip dari situs wikipedia, mungkin hanya beliau pelukis Indonesia yang namanya paling dikenal di internasional karena gaya ekspresionisnya dan romantise yang khas.

Hari ini 1 Mei 2017 search engine terpopuler yang dipakai para pengguna internet yaitu Google juga memberikan penghormatan kepada beliau dengan secara khusus menampilkan Doodle berupa lukisan yang menerapkan gaya goresan mirip Affandi. Sebagai rakyat Indonesia kita pun patut berbangga dengan karya-karyanya beliau yang membawa harum nama negara kita ke mata dunia.

Affandi Koesoema lahir 110 tahun yang lalu tepatnya tahun 1907 di kota Cirebon. Tercatat lebih dari 2000 lukisan telah dihasilkan sejak beliau meniti karir dengan menggelar pameran perdananya sekitar tahun 1943 an. Di masa itu kondisi Indonesia masih diduduki oleh Jepang maka tokoh-tokoh yang dikenal dengan nama empat sakawan yakni Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan Kyai Haji Mas Mansyur ikut ambil bagian dengan bertindak sebagai tenaga pelaksana. Saat itu lokasi pameran diadakan di Gedung Poetera Djakarta.

Dimasa sebelum kemerdekaan Affandi gencar menyuarakan semangat perjuangan kepada seluruh rakyat dengan cara membuat poster bertema perjuangan terhadap penjajah, bersama seniman terkenal lainnya seperti Chairil Anwar, S Soedjojono, Dullah dan lainnya. Di masa hidupnya beliau juga mendirikan beberapa perkumpulan untuk para seniman muda belajar seni melukis, diantaranya Seniman Indonesia Muda yang didirikan di Yogyakarta dan Gabungan Pelukis Indonesia di Jakarta.


Baca Juga : Inilah 10 Topik Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2016!


Affandi juga pernah tinggal di negara India selama 2 tahun setelah mendapatkan penghargaan dari pemerintahannya. Pada kala itu pameran-pameran sering beliau adakan di negara-negara besar seperti, Paris, Roma, Amsterdam, London dan Brussel.

Pernah juga ditunjuk pemerintah Indonesia untuk mewakili dalam pameran bertaraf intenasional yaitu Biennale Exhibition yang di laksanakan di tiga negara besar Brazil, Venice dan Sao Paulo. Kini beberapa hasil lukisan karya beliau banyak dipajang dimusium Affandi yang lokasinya berada di Sleman Yogyakarta.

SHARE

LEAVE A REPLY