5 Tips Aman Untuk Kamu Yang Suka Online Dating!

5 Tips Aman Untuk Kamu Yang Suka Online Dating!

701
People on phones with social media icon chalkboard

Suka berbincang dan melakukan online dating atau kopi daratan? Baca dulu 5 tips aman online dating ini!

Kreasitekno.comOnline dating atau dalam istilah kita sering disebut kopi darat (kopdar) dengan teman dunia maya yang (biasanya) belum pernah dikenal sebelumnya, bagi sebagian orang memang menyenangkan. Berbagai aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore dan beberapa layanan chatting terkenal, seperti Line, telah menyediakan fasilitas untuk menemukan teman baru. Media game online-pun tak jarang menjadi benang merah untuk dating online, loh!

Sebenarnya, bertemu dengan teman baru, pada beberapa kasus memang dapat menambah relasi atau belajar bahasa lain, jika kamu seorang polyglot. Hal ini benar adanya jika kopdar dilakukan dengan teman yang, mungkin, memiliki hobi yang sama, sesama jenis, atau dilakukan secara beramai-ramai.

Namun, bagaimana bila kopdar dilakukan hanya berdua saja yang berbeda jenis kelamin?

Media online Amerika, National Crime Agency (NCA), menjelaskan bahwa penyebab serangan seksual tertinggi disebabkan oleh aktivitas dating online. Di tahun 2009, terdapat 33 laporan dan pada tahun 2014, meningkat sebanyak 184. Jumlah ini akan meningkat setiap tahunnya mengingat banyaknya orang yang menggunakan berbagai situs ataupun aplikasi dating online.

“Hubungan secara online cenderung meningkat lebih cepat daripada hubungan secara offline,” jelas NCA.

online dating

Ada beberapa tips bagi kamu yang tertarik dengan situs ataupun aplikasi dating online:

1. Selektif ketika memilih username
Kamu tidak harus menggunakan nama asli, lokasi, umur, atau apapun tentang dirimu. Menjadi misterius dalam dunia maya bisa jadi lebih baik karena lawan bicaramu tak dapat dengan mudah melacak identitas kamu melalui situs pertemanan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau lainnya.

2. Jangan terburu-buru
NCA melaporkan bahwa lebih dari setengah kasus kekerasan seksual akibat dating online, dimulai ketika mereka mulai membicarakan seksual sebelum bertemu. Memang mudah mengatakan hal jujur kepada teman dunia maya karena tdak ada tatap muka. Namun, jangan lupa bahwa lawan bicaramu adalah orang asing atau bisa jadi scammer.

3. Hati-hatilah dalam memilih grup atau komunitas saat berkomunikasi

Dalam aplikasi chatting di dunia maya, yang dapat berujung ke dating online, ada baiknya untuk berhati-hati dalam memilih grup. Salah-salah, kamu bisa bergabung ke grup yang memiliki lingkungan bullying atau sering mengunggah konten tak senonoh.

4. Ambil langkah untuk berjaga-jaga, jika lawan bicara kamu mulai ‘berani’

Hal yang normal ketika kamu mengambil langkah berjaga-jaga ketika lawan bicara kamu mulai membicarakan hal yang terlalu personal. Misal saja, meminta alamat lengkap, no rekening, ID sosial media, atau lainnya. Jika itu tidak membuat kamu nyaman, kamu tidak harus menjawabnya. Perhatikan baik-baik bahwa lawan bicara belum tentu orang yang jujur, seperti kamu.

5. Rencanakan pertemuan dengan baik dan kebijaksanaan

Jika kamu berdua telah lama melakukan pembicaraan di dunia maya, katakan rencanamu tentang pertemuan. Rencanakan dengan baik dan pastikan kamu bertemu di tempat yang ‘aman’. Tidak terlalu sepi dan jika memungkinkan, ada baiknya jika tidak melakukan pertemuan berdua saja.

Jika kamu lelaki, jangan paksakan diri untuk mengantar atau mengundangnya ke rumahmu. Jika kamu wanita, pastikan bahwa lebih aman bagi mau untuk tidak pula mengundangnya ke rumah. NCA melaporkan bahwa 72% kekerasan seksual justru terjadi di rumah.

Di atas adalah 5 tips bagi kamu yang suka berbincang dengan dunia maya dan melakukan kopi darat atau dating online. Ingat, tetap jaga kehormatan diri Anda di mata lawan bicara yang belum Anda kenal. Jika Anda memiliki adik yang telah mengenal dunia maya, ada baiknya ikut mengawasi petualangan mereka -yang masih labil-  😆

Reference : bbc.co.uk

SHARE

LEAVE A REPLY