5 Tahun Tanpa Steve Jobs, Apakah Apple Benar-Benar sudah Move On?

5 Tahun Tanpa Steve Jobs, Apakah Apple Benar-Benar sudah Move On?

384

Tanpa Steve Jobs, apakah Apple sudah move on? Semakin mengalami kemajuan ataukah kemunduran?

Kreasitekno.com — Tak terasa waktu berlalu begitu cepatnya. Tepatnya pada hari Rabu, 5 Oktober kemarin telah genap 5 tahun sejak Steve meninggalkan Apple. Sang tokoh yang dikenal sebagai pendiri industri teknologi terkemuka di dunia ini tutup usia karena komplikasi pada kanker pankreas. Saat itu merupakan hari-hari paling kelabu terutama bagi segenap keluarga besar Apple dan juga para penggemar dari berbagai penjuru dunia. Mereka senantiasa menjadikan beliau sebagai inspirator dan tolak ukur inovasi dalam dunia teknologi.

Sepeninggal Steve Jobs, banyak yang memperkirakan bahwa performa Apple akan turun drastis, bahkan beberapa pihak memprediksi bahwa perusahaan raksasa ini akan menemui “ajal”nya segera setelah sang pendiri wafat. Ini disebabkan karena luar biasanya kualitas beliau sebagai sosok pemimpin yang berdedikasi dan dipenuhi oleh ide-ide brilian. Hampir semua orang mengakui keperkasaan Steve Jobs dalam mengelola jalan hidup Apple hingga seperti sekarang. Namun bagaimana dengan nasib Apple saat ini?


Baca Juga: Developer Whatsapp Benci iPhone? Ditemukan Kata Kasar di Kode WhatsApp!


Berdasarkan laporan dari beberapa sumber yang menunjukkan data statistik mengenai performa Apple belakangan, rupanya kondisi perusahaan ini masih stabil.  Terutama dari sektor finansial, Forbes menunjukkan harga saham Apple yang bahkan mengalami peningkatan hingga 100 persen tepat 5 tahun sejak pendirinya tiada. Penjualan iPhone juga mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah sejak memulai debutnya pada 2007 lalu. Walau demikian, nyatanya sampai sekarang pun industri teknologi masih merasakan kehilangan atas tokoh visioner yang tak tergantikan ini.

“Saya merindukan dia. Industri teknologi merindukan dia. Dia dan pekerjaannya masih berfungsi sebagai panduan” ungkap Walt Mossberg, seorang jurnalis teknologi senior di Twitter. Di samping itu Mossberg juga merupakan kawan lama Steve Jobs.

steve jobs

CEO Apple, Tim Cook, juga turut mengungkapkan pernyataannya via Twitter dalam rangka mengenang tokoh pendiri perusahaan ini. Selain itu, Apple pun secara khusus menyediakan laman spesial berjudul “Mengingat Steve” yang digunakan untuk memuat berbagai pernyataan dari pengguna mengenai Steve Jobs.

“Saya pikir industri masih merasakan dampak dari ketidakhadiran dia (Jobs)”, ujar Adny Grignon, mantan manajer senior Apple yang dulu ikut menangani peluncuran iPhone, seperti yang dilansir dalam CNN Money, Kamis (6/10/2016).

Meski Apple masih “merasa” baik-baik saja terutama dari segi finansial, banyak pegawai perusahaan ini yang mengeluhkan tentang adanya “lubang besar” yang masih belum tertutupi bahkan setelah Tim Cook menggantikan Jobs. Mereka merasakan performa Apple semakin menurun dalam segi inovasi.

Tampaknya Apple juga masih belum sepenuhnya mampu beradaptasi sepeninggal majikannya. Terbukti dari beberapa masalah dari produk-produk kebanggaan iPhone yang muncul belakangan ini. Rupanya iPhone masih belum bisa “move on” sehingga ia mengungkapkan kesedihannya lewat iPhone 6 yang mudah bengkok. Belum lagi, iPhone 7 juga menuai banyak kritik. Menurumu sendiri bagaimana, apakah sepeninggalan Steve Job Apple semakin mengalami kemajuan atau kemunduran?

SHARE

LEAVE A REPLY